Minggu, 09 September 2007

Hipotesa Minyak Param Cap Bison

Yang dimaksud dengan minyak param disini ialah, minyak untuk obat gosok yang biasa digunakan untuk keseleo atau pegal2. Kata "minyak param" tampaknya sudah tidak (atau jarang) digunakan saat ini, saya pribadi harus membaca keterangan di bawah tulisan minyak param untuk mengetahui produk apa yang dimaksud. Disana tertulis "obat gosok" yang dibawahnya ada gambar bison yang kurang begitu jelas dan dibawah nya lagi tertulis "cap bison" . Melalui hal ini, dapat disimpulkan bahwa kemasan ini bukan lah kemasan yang baru didesign, karena seperti kita lihat di toko2, kemasan obat gosok sudah tidak lagi menuliskan "minyak param" sebagai keterangan produk mereka, melainkan obat gosok. Kata "minyak param" sendiri tidak familiar dengan masyarakat kini. Jadi sementara kita dapat simpulkan bahwa kemasan ini didesign bertahun-tahun lalu, atau bahkan puluhan tahun lalu.

Pertama kali melihat kemasan minyak param ini, langsung terlihat kalau si pembuat design ingin membuat minyak ini mudah dibedakan dengan produk sejenis lainnya yang beredar di pasaran. Hal ini dikarenakan oleh pemilihan warna yang bisa dibilang sangat mencolok, yaitu orange. Kan tidak banyak kemasan produk yang menggunakan warna orange sebagai warna dominannya. Terlebih lagi dipadukan dengan warna coklat tua dan putih sebagai warna dasar kertas. Dengan warna yang sedemikian rupa,otomatis konsumen akan melihat keberadaan minyak param cap bison ini diantar minyak gosok-minyak gosok lain. Ternyata design sederhana ini dapat menarik perhatian konsumen. Saya pribadi salut, karena si designer dapat membuat kemasan yang hanya menggunakan 2 warna ini, menjadi suatu kemasan yang menarik, mengundang konsumen, dan dengan warna ngejreng nya menonjolkan produk ini diantara produk sejenis lain nya.

Tetapi saya heran dengan merek "cap bison" yang mereka gunakan, terlebih karena binatang ini tidak ada di Indonesia. Apa yang melatarbelakangi pemilihan merek ini pun belom saya ketahui. Ada pun perkiraan saya alasan mereka memilih bison sebagai merek mereka, adalah: bison merupakan hewan yang terkenal kuat, mungkin mereka bermaksud menggambarkan khasiat obat gosok yang mereka produksi ini sangat manjur, kuat, panas, dan nendang banget. Namun hal ini pun belom dapat dibenarkan, karena saya belom menemukan informasi yang mendukug hipotesa saya ini.

Gambar kepala bison yang ditempatkan ditengah-tengah kemasan ini sayangnya hanya ala kadarnya saja, si designer tampak kurang bisa menggambar ilustrasi bison atau kurang teliti dalam pembuatannya. Sehingga membutuhkan jarak yang sangat dekat untuk bisa mengenali gambar tersebut adalah gambar bison. Sayang sekali dalam kemasan ini minim informasi perusahaannya, hal ini mungkin disebabkan karena perusahaan pembuat obat gosok ini merupakan sebuah home industry.

Selebihnya akan saya tambahkan lagi di post mendatang.

Tidak ada komentar: