Jumat, 21 September 2007

Shield pada Packaging Getuk Goreng Hj. Tohirin

Kalau dilihat lihat, pada kemasan getuk goreng yang akan kita bahas lebih dalam ini, terdapat gambar tameng seperti tameng yang digunakan untuk berperang pada tentara eropa jaman dahulu. Mengingatkan kita kepada film-film tentara romawi yang selalu menenteng tameng dan pedang kemana-mana.

Setelah diteliti, ternyata tameng sudah mulai dikenakan oleh Praetorian Guard pada tahun 275 SM. Praetorian Guard adalah pasukan khusus yang dibentuk sebagai bodyguard nya roman emperors. Namun bentuk nya belum menyerupai tameng yang kita lihat di packaging ini. Shield yang kita lihat pada packaging getuk goreng, biasa disebut kite shield, yaitu tameng yang bentuk nya seperti tetesan air yang terbalik atau bentuk nya menyerupai layang-layang. Kite shield mulai dikenal sekitar abad ke 10-12. Dipercaya sebagai perbaikan bentuk dari shield yang kotak atau yang bundar.

Jadi apa karena pengaruh film-film barat tentang romawi dan perang-perang dieropa jaman dahulu itu makanya terdapat packaging seperti ini? Atau karena si designer packaging ini pernah melihat Royal Coat of Arms of United Kingdom?


Royal Coat of Arms of United Kingdom ini pasti sering anda lihat juga sebelum-sebelumnya. Walaupun mungkin bukan jenis ini, karena banyak sekali jenis-jenis nya. Coat of Arms dikenal di negara2 dominion inggris,seperti skotlandia,irlandia,wales,dll. Coat of Arms sendiri adalah design khusus milik seseorang atau kelompok tertentu yang mereka gunakan dgn berbagai macam cara. Tidak seperti seals dan emblem, coat of arms memiliki deskripsi formal yang biasa dikenal luas oleh masyarakat, tepatnya ini digunakan sebagai identitas, contohnya sama seperti bendera yang digunakan suatu negara. Coat of Arms biasa nya digunakan di depan gedung pengadilan, kantor-kantor negara, dll.

Sekarang ini, masyarakat sudah familiar dengan coat of arms seperti diatas. Banyak sekolah-sekolah di Inggris yang menggunakan coat of arms sebagai lambang sekolah mereka. Hal seperti ini sudah banyak diketahui masyarakat indonesia melalui banyak media, terutama lewat film-film di televisi. Seperti pada film harry poter contohnya, beberapa kali mereka menampilkan coat of arms sebagai lambang sekolah mereka.


Apabila diperhatikan, ada kemiripan bukan, di antara gambar coat of arms diatas dengan tameng yang ada di packaging gepuk goreng yang kami miliki? Sama2 menggunakan perisai, ada pegangan disamping perisai sebagai ganti nya singa-singa yang memegang perisainya, ada mahkotanya pula. Namun mengapa si designer packaging gepuk goreng ini memilih untuk menggunakan lambang ini pun masih belum diketahui dengan jelas. Karena tidak ada narasumber yang dapat di wawancarai untuk mendapat keterangan ini, maka kami hanya masih dapat mengira ngira alasannya.

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Praetorian_guard
http://en.wikipedia.org/wiki/Shield
http://en.wikipedia.org/wiki/Kite_shield
http://en.wikipedia.org/wiki/Royal_coat_of_arms_of_the_United_Kingdom

Tidak ada komentar: